About

About

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Navigation

Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya


        SUMBER DAYA ALAM dan PEMANFAATANNYA



A. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan kekayaan alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada umumnya, sumber daya alam dibagi menjadi 4, diantaranya :
1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (biotik)
adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Adapun contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah :
a. Air
merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Air dapat berupa air sumur, air sungai, air danau, dan air laut. Air dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, juga dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah, memelihara ikan, pembangkit listrik, serta sebagai sarana transportasi dan olahraga.
b. Tanah

merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dngan bahan organik. Manfaat sumber daya tanah untuk kehidupan :

*Penyedia unsur hara untuk tumbuhan
*Penyedia makanan untuk biota tanam
*Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan
*Sumber bahan baku barang kerajinan atau perabot rumah tangga

c. Udara


adalah campuran berbagai macam gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang memenuhi ruang diatas bumi. Adapun manfaat dari udara, yaitu :

*Membantu penyrbukan bunga
*Untuk bernafas
*Sebagai jalur penerbangan pesawat terbang
*Saluran komunikasi melalui satelit atau antena
*Saluran tenaga gerak

d. Tumbuhan


merupakan organisme benda hidup yang terkandung dalam alam Plantae. Biasanya organisme dari tmbuhan menjalankan proses fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Tumbuhan memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai bahan makanan, obat-obatan, bahan pewarna alami, penyadap makanan, dll. Tumbuhan dibedakan menjadi 4, yaitu :

*Tanaman pertanian
merupakan tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal, dan ladang. Contohnya : padi, sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, dan ubi.
*Tanaman perkebunan
terdiri dari tanaman perkebunan di dataran tinggi dan di dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan yang di dataran tinggi adalah cengkeh, teh, dan tembakau. Sedangkan contoh tanaman perkebunan di dataran rendah adalah kelapa, karet, dan tebu.
*Tanaman hutan
adalah jenis-jenis tanaman tertentu yang ditanam dengan teknik silvikultur di Hutan.
*Tanaman air
adalah tumbuhan yang telah disesuaikan untuk tinggal di air atau pada lingkungan perairan. Conttoh tanaman air diantaranya Hydrilla verticillata, Chara sp, Lemna minor, dsb.

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (abiotik)
adalah semua kekayaan alam yang jika sudah habis sulit diadakan kembali. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (abiotik) dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
a. Sumber daya alam mineral logam
merupakan bahan tambang yang berwujud bijih. Contohnya bijih besi, nikel, emas, tembaga, timah, dan biji bauksit. Sumber daya alam mineral logam terdiri dari 2 macam, yaitu logam murni dan logam campuran.
b. Sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan)
terdiri dari batu-batuan misalnya pasir kuarsa, batu kapur, marmer, kaolin, intan, mika, asbes, batu granit, bentonit atau abu bumi, belerang, tras, dan fosfat. Batu-batuan ini dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, kain, korek api, batu baterai, dan pupuk.
c. Sumber daya energi
merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil tenaga atau bahan bakar. Sumber daya energi di Indonesia meliputi minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi, dan tenaga surya.

3. Sumber daya alam berdasarkan materi
adapun pengelompokkan sumber daya alam berdasarkan materi, yaitu :
a. Sumber daya alam organik
materi atau bahan sumber daya alam organik (hayati) berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik antara lain pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan.
b. Sumber daya alam Anorganik
materi sumber daya alam amorganik (nonhayati) berupa benda-benda mati baik yang berbentuk benda padat, cair, atau gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik diantaranya adalah pertambangan tanah, batuan, mineral, minyak dan gas alam, dan energi.

4. Sumber daya alam berdasarkan habitat
berdasarkan macam habitatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi :
a. Sumber daya alam Terestris
merupakan sumber daya yang berhubungan dengan tanah yang digunakan sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk, sebagai bahan industri (genteng, keramik, dll), dan segala sumber daya yang diperoleh dari darat.
b. Sumber daya alam Akuatik
merupakan sumber daya alam yang berhubungan dengan perairan seperti laut, danau, sungai, air tanah, air hujan, dll.

B. Pemanfaatannya dalam Bentuk Aktivitas
Secara alamiah, penduduk memanfaatkan potensi sumber daya alam berbagai bentuk aktivitas sesuai dengan sumber daya alam yang dimilikinya, aktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam 6 aktivitas, yaitu :
1. Pertanian
Keadaan tanah yang subur dan didukung iklimnya membuat penduduk Indonesia banyak mencari nafkah pada aktivitas pertanian. Aktivitas pertanian di Indonesia secara umum dapat dibagi atas :



a. Pertanian lahan basah
disebut juga pertanian sawah. Jenis tanaman yang umumnya dibudidayakan pada lahan ini adalah padi.
b. Pertanian lahan kering
adalah bentuk pertanian yang pengelolaannya mengandalkan air hujan. Tanaman yang cocok untuk lahan kering adalah palawija, sayuran, dan buah-buahan.
2. Perkebunan
Perkebunan adalah aktivitas budi daya tanaman tertentu pada suatu lahan yang relatif luas. Perkebunan bertujuan untuk menghasilkan komoditas pertanian dalam jumlah besar.
3. Peternakan
Budi daya peternakan yang dikembangkan di Indonesia diantaranya sapi, kerbau, kuda, babi. Selain itu, masih banyak ternak lainnya yang dikembangkan oleh penduduk secara mandiri, misalnya ayam, kambing, domba, dll.

4. Perikanan
Curah hujan yang cukup tinggi membuat banyak wilayah yang memiliki sungai, danau, dan waduk. Tempat-tempat tersebut sebagian telah dimanfaatkan oleh penduduk untuk aktivitas perikanan.

5. Pertambangan
Perusahaan pertambangan dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik skala besar seperti PLN, maupun untuk rumah tangga, industri, kendaraan bermotor. Selain dimanfaatkan untuk konsumsi dalam negeri, produksi minyak bumi dan gas alam Indonesia juga diekspor ke berbagai negara lain.

6. Kehutanan
Hutan dimanfaatkan penduduk untuk berbagai keperluan, baik sebagai sumber pangan, penghasil kayu bangunan ataupun sebagai sumber tambang dan mineral berharga. Pemanfaatan hutan selanjutnya dilakukan secara intensif dengan mengambil secara besar-besaran sumber daya yang ada di dalamnya.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments:

Perubahan Pada Mahluk Hidup

PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP    A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dari gambar tersebut, kamu dapat melihat bahwa manusia me...