About

About

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Navigation

Cuaca


                                                                        Cuaca


Cuaca adalah keadaan alam di suatu tempat dalam waktu pendek. Ada bermacam-macam cuaca. Cuaca cerah, berawan, mendung, dan hujan.

Cuaca Cerah
Pagi hari yang cerah, matahari bersinar terang. Tidak ada awan hitam di langit. Angin berembus sepoi-sepoi. Udara terasa hangat.




2. Cuaca Berawan

Awan putih tampak menebal. Awan menutupi matahari, tetapi langit masih terang. Udara menjadi lembap. Itulah keadaan berawan.

3. Cuaca Mendung
Hari masih siang, tetapi langit tampak gelap. Mengapa ya? Ternyata ada awan gelap. Awan gelap tertiup angin dan menutupi matahari. sinar matahari tidak terlihat. Langit pun menjadi gelap.



4. Cuaca Hujan
Langit semakin gelap. Terdengar suara petir dan guntur. Angin berhembus kencang. udara menjadi dingin. Titik-titik air mulai turun. Mula-mula hanya gerimis, akhirnya menjadi deras.



B. Musim




Musim adalah keadaan alam di suatu daerah dalam waktu yang lama. Indonesia mempunyai dua musim, musim kemarau dan musim hujan.
Musim Kemarau


Saat musim kemarau, udara sangat panas. Matahari bersinar sangat terang. hampir tidak pernah turun hujan. sungai dan mata air menjadi kering. Tanah menjadi kering dan retak. Pohon menggugurkan daunnya. Lingkungan terasa gersang.


Diunduh pada 30 Mei 2017


2. Musim Hujan
Saat musim hujan, hujan sering turun. Hujan turun sangat deras. Rumah halaman, dan pohon menjadi basah. Sungai dan mata air penuh air. Tumbuhan kembali hijau. Lingkungan terasa sejuk dan nyaman.





C. Pengaruh Musim terhadap Kegiatan Manusia

Pengaruh Musim Hujan

Saat musim hujan, kebutuhan air tercukupi. Rumput mulai tumbuh. Tumbuhan kembali bersemi. Daunnya hijau dan lebat. Petani mulai menanam padi dan sayuran. Tanaman tumbuh subur.




Saat musim hujan, udara terasa lebih dingin. Badan jadi kedinginan. Pakailah baju hangat dan jaket. Jangan lupa, sediakan payung dan jas hujan. Hujan sering turun tiba-tiba.
Pengaruh Musim Kemarau

Saat musim kemarau, matahari bersinar terik. Hujan tidak pernah turun. Sungai dan mata air menjadi keirng. Penduduk banyak kekurangan air. Bencana kekeringan di mana-mana.



Saat musim kemarau, udara terasa sangat panas. Pakailah baju yang tipis agar tidak mudah berkeringat. Minumlah air yang cukup agar tubuh tidak kekurangan air.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments:

Perubahan Pada Mahluk Hidup

PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP    A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dari gambar tersebut, kamu dapat melihat bahwa manusia me...