About

About

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Navigation

Makalah Negara Spanyol


 Negara Spanyol
DP: Rizki Ananda, M.Pd

A.           Sejarah Negara Spanyol
Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Reino de España) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah. Wilayah Spanyol juga termasuk Kepulauan Balearic di Mediterania, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik lepas pantai Afrika, dan dua kota otonom di Afrika Utara, Ceuta dan Melilla, yang berbatasan Maroko, ditambah Alboran, Kepulauan Chafarinas, Alhucemas, Vélez de la Gomera dan pulau kecil lainnya termasuk Perejil. Selain itu, kota Llívia adalah eksklave Spanyol terletak di dalam wilayah Prancis. Pada Abad Pertengahan itu ditaklukkan oleh suku-suku Jermanik dan kemudian oleh bangsa Moor ke selatan.Spanyol muncul sebagai negara bersatu di abad ke-15, menyusul pernikahan Monarki Katolik dan penyelesaian penaklukan selama berabad-abad, atau Reconquista, semenanjung dari Moor pada 1492. Spanyol menjadi imperium global berpengaruh pada periode modern awal, menjadi salah satu negara pertama yang menjajah Dunia Baru dan meninggalkan warisan lebih dari 500 juta penutur Spanyol hari ini, sehingga kedua yang paling diucapkan bahasa pertama di dunia. Spanyol adalah negara demokrasi yang diselenggarakan dalam bentuk pemerintahan parlementer di bawah monarki konstitusional.Ia adalah negara maju dengan ekonomi terbesar ketiga belas di dunia dengan PDB nominal. Spanyol juga memiliki standar hidup yang tinggi dengan kualitas kehidupan kesepuluh tertinggi peringkat indeks di dunia pada 2005.Ini adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, OECD, dan WTO. Secara  Astronomis Negara Spanyol berada pada 36 derajat LU-43 derajat 48’ LU dan 3 derajat 15’ BT-9 derajat 18 BB. Sedangkan menurut  Letak Geografis atau Batas-batas wilayah, Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan.Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia.Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik.Di selatan, terdapat Selat Gibraltar.Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada.Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai. Penduduk  orang Spanyol beragama Katolik Roma. Ada komunitas kecil Protestan, Yahudi, dan Islam.Orang-orang Yahudi diusir dari negara itu di abad yang lalu.Tapi baik Yahudi dan Islam memiliki kebangkitan rohani yang signifikan di Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

B.            Luas Wilayah Negara Spanyol
Dengan luas 505.992 kilometer persegi (195.365 mil persegi), Spanyol adalah negara terbesar kedua di Eropa Barat dan Uni Eropa dan negara terbesar kelima di Eropa.
C.           Jumlah Penduduk Negara Spanyol
Saat ini penduduk Spanyol telah mencapai angka 47.088.000 jiwa.Beberapa etnis yang ada di Negara Spanyol meliputi Fenisia, Yahudi, dan Orang Rom (Gipsi).Mayoritaspenduduk Spanyol menganut agama Katolik Roma dan menggunakan banhasa Spanyol dalam berkomunikasi sehari-hari. Orang Spanyol adalah keturunan dari orang-orang bervariasi dan pewaris banyak budaya.Pada zaman prasejarah, orang Iberia asli menyerap budaya bangsa Celtic.Bangsa Celtic kemudian menyebar di sebagian besar Eropa.Kebiasaan Celtic masih ditemukan di provinsi Basque, Pyrenees.Tradisi itu meliputi tarian melingkar, permainan dinding dan bola, dan penggunaan alat musik bagpipe.Namun, bahasa Basque bukan Celtic.Mereka adalah orang-orang kuno di wilayah ini, hanya terkait dengan orang Basque Perancis di Pyrenees, tetapi asal-usul mereka masih misterius. Fenisia, orang dari Mediterania timur, dan penerus mereka, Carthaginian, tiba kemudian.Mereka diikuti oleh orang-orang Yunani dan Romawi, yang menambahkan budaya klasik mereka pada Spanyol. Bangsa Romawi menyebut wilayah ini Hispania (membentuk nama Spanyol yang sekarang). Mereka memerintah selama hampir 600 tahun.Kontribusi budaya mereka meliputi bahasa Latin, yang menurunkan bahasa Spanyol.
Jatuhnya Kekaisaran Romawi di Barat di tahun 400-an Masehi meningkatkan pergerakan suku-suku Jermanik, yang didominasi oleh Visigoth, ke utara dan tengah Spanyol. Keturunan mereka dapat dilihat hari ini pada beberapa orang Spanyol yang berambut pirang dan bermata biru yang banyak terdapat di beberapa daerah negara itu.
Sebuah pergolakan budaya yang lebih besar datang di tahun 700-an. Muslim dari Afrika Utara, meliputi Arab dan Berber, umumnya dikenal sebagai Moor, menaklukkan sebagian besar semenanjung. Andalusia di selatan menjadi jantung dari Muslim Spanyol.
Dua kelompok etnis lain juga membentuk ‘wajah’ Spanyol. Yahudi dari Afrika Utara menambah komunitas Yahudi kecil yang tinggal di Iberia sejak zaman Romawi awal.Mereka akhirnya menciptakan kelompok yang berbeda, Sephardim.Bahasa Sephardim, Ladino, merupakan campuran dari bahasa Ibrani dan Spanyol awal.Orang Rom (sebelumnya disebut Gipsi) tiba di Spanyol dari Asia Kecil.Meskipun jumlahnya tidak pernah besar, musik dan tari flamenco mereka yang mencolok telah membuat mereka terlihat akrab, terutama bagi wisatawan.Banyak orang Rom masih tinggal di pegunungan Andalusia. Pada awal Abad Pertengahan, ujung utara, yang telah melawan penaklukan Muslim, menarik pemukim Eropa. Mereka pada awalnya tertarik pada tempat-tempat suci Kristen. Pada waktu yang sama, Catalonia utara secara budaya menjadi bagian dari Provence sebagai akibat dari migrasi dari daerah dari Perancis ini.

D.           Ekspor dan Impor Negara Spanyol
Uni Eropa adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota negara-negara Eropa.Uni Eropa merupakan kelompok 28 negara independen yang unik.Uni eropa bukanlah sebuah negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian tradisional, melainkan sebuah badan otonom di antara keduanya.Dalam bidang hukum, istilah yang digunakan untuk organisasi ini adalah “organisasi supranasional”. Negara-negara anggota Uni Eropa terikat oleh serangkaian traktat yang telah mereka tandatangani seiring dengan perkembangannya.Semua traktat tersebut harus disepakati oleh masing-masing negara anggota, kemudian diratifikasi baik oleh parlemen nasional atau melalui referendum.
Spanyol sudah menjadi anggota Uni Eropa sejak tahun 1986.Sebagai anggota, Spanyol harus mengikuti semua aturan Uni Eropa.Sementara peraturan Uni Eropa mengikat dan berlaku untuk Negara – Negara anggotanya. Perdagangan Spanyol telah memainkan peran penting dalam perekonomian bangsa terhitung lebih dari setengah dai PDB. Namun menurut laporan CIA perdagangan Spanyol melemah yang disebabkan oleh beberapa faktor terutama dalam meningkatkan ketergantungan Spanyol pada impor  bensin dan penurunan daya saing pasar. Selain itu, penurunan eskpor Spanyol juga dikaitkan dengan kekuatan euro, karena dipakai oleh Spanyol untuk perdagangan internasional yang mengakibatkan harga eskpor Spanyol lebih mahal.Spanyol mendapatkan laba bersih sebesar $ 215.700.000.000 di tahun 2009, dan biaya impor yang telah di keluarkan oleh Spanyol sebesar $ 293.200.000.000 di tahun 2009.
Komoditas ekspor utama Spanyol ialah kendaraan bermotor, bahan makanan, obat – obatan.Spanyol merupakan negara penghasil minyak zaitun di dunia. Produksi minyak zaitun Spanyol di tahun 2009 mencapai 41.2% dari seluruh produksi minyak zaitun di seluruh dunia. Sedangkan, komoditas impor Spanyol adalah mekanik dan listrik, besi dan baja.Spanyol dapat mengimpor minyak cukup besar yaitu sebesar 1.813.000 barel per hari.Kegiatan ekspor impor Spanyol telah bekerjasama dengan beberapa Negara diantaranya seperti Perancis, Jerman, China, Inggris, Belanda, Italia, dan Portugal. Menurut laporan CIA pada tahun 2009, Spanyol paling banyak mengekspor ke Perancis dan mengimpor dari Jerman serta Anda dapat lihat mengenai mitra dagang utama Spanyol dalam sektor ekspor, yaitu : Perancis (18,3%), Jerman (10,6%), Portugal (8,7%), Italia (8%). Sedangakan sektor impor ialah Jerman (14,5%), Perancis (11,1%), Italia (7,4%), China (6,2%).
Pada tingkat Uni Eropa ( EC ) 178/2002 mengatur tentang prinsip – prinsip umum dan tujuan hukum produk makanan. The Food Safety and Nutrition Law mengumumkan pada tahun 2011 mengenai peraturan meliputi aspek – aspek keamanan pangan tradisional dan penghapusan bahan kimia berbahaya. Spanyol sendiri memiliki sistem desentralisasi untuk pengujian dan pengendalian rantai makanan dimana pemerintah pusat mengawasi makanan – makanan yang telah di produksi sementara masyarakat otonomnya membangun pemantuan mereka sendiri dan rencana pengambilan sampel di seluruh rantai makanan yang dikoordinasikan oleh otoritas nasional. Salah satu produk yang diekspor oleh Spanyol ialah keju manchego dibuat di wilayah La Mancha, Spanyol dari pasteurisasi susu domba jenis Manchega yang berumur antara 60 hari dan 2 tahun, warna dari keju tersebut bervariasi dari putih menjadi kuning gading, kuning menjadi kecoklatan krem dengan rasa khas susu domba. Keju ini dibawah perlindungan Spanyol Denominación de Origen (DO) dan juga Uni Eropa telah diberikan perlindungan atas status keju tersebut berasal. Selama proses pematangan keju ini dicuci, dilapisi paraffin, dan dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Selain itu ada juga keju yang mirip dengan keju Manchego yaitu keju ibérico dimana terbuat dari campuran sapi, kambing dan domba. Di Spanyol, The Ministry of Health, Social Service and Gender Equality ( MSSSI ) bertugas untuk mengontrol impor produk pertanian yang ditunjukan untuk konsumsi manusia. Sedangkan, Departemen pertanian dan lingkungan ( MAGRAMA ) bertugas untuk mengendalikan impor pakan ternak.
E.            Pendapatan Perkapita Negara Spanyol
Spanyol tergolong sebagai salah satu negara dengan pendapatan perkapita cukup tinggi di dataran Eropa dengan perkapita mencapai $30.278/tahun. Awalnya perekonomian Spanyol bergantun pada sektor agraris. Namun, saat ini sektor industri dan manufaktur di Spanyol mulai berkembang besat dan menjadi salah satu penopang enting bagi kemajuan ekonomi Matador.Di sektor pertanian Spanyol banyak menghasilkan anggur dan gabus.Manufaktur di Spanyol menghasilkan produk utama berupa tekstil dan pakaian jadi, makanan dan minuman, logam, bahan kimia, dan pembuatan kapal.Sementara di sektor pertambangan banyak menghasilkan batubara, minyak, dan gas alam.
F.            Perekonomian Negara Spanyol
Ekonomi kapitalis Spanyol berada pada posisi ke-14 terbesar di dunia dan ke-5 terbesar di Uni Eropa.Pemerintahan terpusat dari mantan perdana menteri José María Aznar sukses dalam membuat negara ini meluncurkan mata uang bersama euro tahun 1999. Pengangguran berada pada angka 7,6% bulan Oktober 2006, tingkat yang rendah apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Titik kelemahannya adalah inflasi tinggi, ekonomi bawah tanah besar, dan sistem pendidikan yang paling buruk diantara negara-negara maju, menurut laporan OECD.Sejak tahun 1990-an, beberapa perusahaan asal Spanyol memperoleh status multinasional. Mereka mengembangkan ke pasar Amerika Latin yang dekat secara kultur. Spanyol merupakan investor asing terbesar kedua di kawasan itu setelah Amerika Serikat. Di Asia, perusahaan-perusahaan Spanyol mencari pasar di Tiongkok dan India. Perusahaan-perusahaan ini kompetitif untuk bersaing dengan perusahaan lain di Eropa. Selain itu, juga disebabkan karena meningkatnya ketertarikan terhadap budaya dan bahasa Spanyol. Perusahaan Spanyol berinvestasi di banyak bidang, seperti komersialisasi energi terbaharui (Iberdrola adalah operator energi terbarui terbesar sedunia), perusahaan teknologi seperti Telefónica, Abengoa, Mondragon Corporation, Movistar, Hisdesat, Indra, produsen kereta api seperti CAF, Talgo, perusahaan tekstil seperti Inditex, perusahaan minyak seperti Repsol, serta firma konstruksi transportasi seperti Ferrovial, Acciona, ACS, OHL dan FCC. Turbin angin di Galicia.Spanyol adalah produsen tenaga angin terbesar keempat dunia.Spanyol juga merupakan salah satu negara terdepan dalam pengembangan dan produksi energi terbaharui.Tahun 2010 Spanyol merupakan yang terdepan dalam tenaga cahaya matahari mengalahkan AS dengan pembangkit listrik La Florida, dekat Alvarado, Badajoz.Spanyol juga produsen tenaga angin utama di Eropa.Tahun 2010, produksi listrik dari angin menghasilkan 42.976 GWh, menyumbang 16.4% energi listrik Spanyol. Energi terbarui lain yang digunakan di Spanyol adalah pembangkit listrik tenaga air, biomassa, dan laut (2 pembangkit dalam pembangunan). Energi non-terbarui yang digunakan di Spantol adalah nuklir (8 reaktor), gas, batu bara, dan minyak. Energi dari bahan bakar fosil menyumbang 58% energi listrik Spantol tahun 2009.Nuklir menyumbang 19%, sedangkan air 12%.
G.           Inflasi dan Deflasi Negara Spanyol
1.      Deflasi
Harga konsumen di Spanyol terus menurun pada bulan September; Namun, laju gerakan ke bawah meningkat dari bulan sebelumnya. Deflasi Spanyol mencapai 0,3% bulan ini secara tahunan, dibandingkan dengan penurunan 0,5% pada harga pada bulan Agustus. Pada saat yang sama, dengan mempertimbangkan metodologi Spanyol menghitung indikator, harga turun hanya 0,2% pada bulan September. Ini menimbulkan harapan bahwa angka CPI Spanyol dapat meningkatkan situasi keseluruhan di wilayah mata uang tunggal, di mana inflasi kemungkinan akan tetap dalam kisaran 0,3% -0.4% setelah data rilis pada hari Selasa. Spanyol mengalami salah satu tantangan paling sulit ekonomi di blok mata uang, termasuk terjun PDB dan gelombang kuat pengangguran. Namun, saat ini perekonomian negara adalah salah satu yang tumbuh paling cepat di kawasan Euro, karena menambahkan tahunan 1,2% pada kuartal kedua tahun ini
2.      Deflasi
Data inflasi zona euro awal yang dirilis Senin, diperkirakan akan menunjukkan harga konsumen turun 0,5 persen di blok mata uang tunggal itu untuk data Febuari usai turun 0,6 persen bulan lalu. Inflasi di Spanyol melambat menjadi nol persen pada Oktober 2013. Data resmi ini sejalan dengan penurunan suku bunga di Eropa yang telah meningkatkan risiko deflasi mengancam pemulihan ekonomi. Lembaga Statistik Nasional mencatat tingkat inflasi Spanyol, ukuran kunci dari kenaikan harga konsumen, memperlambat setengah persentase poin dari bulan sebelumnya menjadi nol pada Oktober. Melambatnya kenaikan harga konsumen di ekonomi terbesar keempat Zona Euro itu tercermin pula pada tingkat inflasi di Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya. Dimana inflasi di Zona Euro secara keseluruhan melambat menjadi 0,7 persen pada Oktober, tingkat terendah sejak 2009. Di Spanyol tingkat inflasi yang mendasari, di luar pengaruh harga volatile untuk barang-barang seperti energi, mencapai tingkat lebih rendah dari 0,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Lembaga statistik mengatakan, perlambatan inflasi di Spanyol muncul dari resesi dua tahun, dipimpin harga lebih rendah dari sektor komunikasi, transportasi, pendidikan, makanan dan minuman beralkohol.
H.           Tingkat Pengangguran Negara Spanyol
Tingkat pengangguran Spanyol mencapai rekor tertinggi, yakni 25 persen pada kuartal ketiga. Itu berarti jumlah pengangguran di Spanyol meningkat menjadi hampir 5,8 juta orang. Data pengangguran terbaru mencerminkan dampak dari resesi daerah, dan pemotongan dari pemerintah Spanyol yang bertujuan memulihkan stabilitas keuangan negara. Biro statistik nasional mengatakan, pengangguran pada periode Juli hingga September naik 0,4 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dan 3,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Penurunan tajam dalam jumlah pekerja di sektor publik menyumbang sebagian besar dari kenaikan tingkat pengangguran.Hampir 50 ribu pekerja dipekerjakan lebih sedikit di sektor publik pada kuartal ketiga, itu mewakili penurunan dari angka tujuh persen year-over-year (y-o-y). Sekitar 1,7 juta rumah tangga di Spanyol tidak mempunyai orang dewasa usia produktif dalam pekerjaan, atau naik sekitar 300 ribu dalam satu tahun. Itu berarti sekitar 10 persen dari seluruh rumah tangga di Spanyol, tidak memiliki pencari nafkah.
Tingginya angka pengangguran di Spanyol merupkan dampak dari resesi kedua Spanyol dalam tiga tahun terakhir.Sekitar dua juta orang terpaksa kehilangan pekerjaan pada 2007, saat itu memang sedang booming krisis keuangan. Pemerintah Perdana Menteri Mariano Rajoy dan Dana Moneter Internasional memprediksi bahwa Spanyol akan tetap terjebak dalam resesi tahun depan. Data yang diterbitkan oleh bank sentral Spanyol awal pekan ini menunjukkan ekonomi negara itu menyusut 1,7 persen pada kuartal ketiga, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
BAB III
PENUTUP
A.           Kesimpulan
Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Reino de España) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah.Secara  Astronomis Negara Spanyol berada pada 36 derajat LU-43 derajat 48’ LU dan 3 derajat 15’ BT-9 derajat 18 BB. Sedangkan menurut  Letak Geografis atau Batas-batas wilayah, Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berada pada posisi ke-14 terbesar di dunia dan ke-5 terbesar di Uni Eropa.Pemerintahan terpusat dari mantan perdana menteri José María Aznar sukses dalam membuat negara ini meluncurkan mata uang bersama euro tahun 1999. Komoditas ekspor utama Spanyol ialah kendaraan bermotor, bahan makanan, obat – obatan.Spanyol merupakan negara penghasil minyak zaitun di dunia.
B.     Saran
Demikianlah tugas penyusunan makalah ini saya persembahkan.Harapan saya dengan adanya tulisan ini bisa lebih memahami segala indikator yang ada di mata kuliah konsep dasar ips. Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca, khususnya dari dosen pengampu mata kuliah konsep dasar IPS dan para mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA
https://ucamindonesia.wordpress.com/2015/05/25/kegiatan-ekspor-impor-spanyo
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments:

Perubahan Pada Mahluk Hidup

PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP    A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dari gambar tersebut, kamu dapat melihat bahwa manusia me...